Rasa sakit hati, kecewa, keberatan dan rasa tidak ikhlas muncul ketika kode yang susah payah kita buat di ambil oleh orang lain melalui fitur "View Source" atau "Lihat Kode Sumber Laman" yang terdapat di setiap browser (Sebagai contoh : Browser Google Chrome dan Browser Mozilla FireFox). Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara Escaping Script.  Apakah sobat blogger pernah mendengar istilah itu? Saya yakin sobat blogger tidak pernah mengenal istilah itu (Heee.... Saya merasa yakin sobat tidak mengenal istilah itu karena saya menjadikan diri saya sebagai patokannya, karena saya pribadi baru kemarin-kemarin mengenal istilah itu). Berikut ini penjelasang singkat tentang Escaping Script.

Escaping Script adalah sebuah teknik untuk merubah tampilan normal dari sebuah text, kode HTML atau kode JavaScript ke dalam format Hexadecimal. Untuk mempermudah sobat blogger dalam memahami penjelasan di atas, saya akan berikan sebuah contoh Tag HTML yang dirubah ke dalam format Hexadecimal (Escaped).

Bentuk normal sebuah Tag HTML
<a href="http://www.tutorialblogspot.com/2012/11/bing-desktop.html">Bing Desktop</a>
Bentuk Escaped sebuah Tag HTML
%3C%61%20%68%72%65%66%3D%22%68%74%74%70%3A%2F%2F%77%77%77%2E%74%75%74%6F%72%69%61%6C%62%6C%6F%67%73%70%6F%74%2E%63%6F%6D%2F%32%30%31%32%2F%31%31%2F%62%69%6E%67%2D%64%65%73%6B%74%6F%70%2E%68%74%6D%6C%22%3E%42%69%6E%67%20%44%65%73%6B%74%6F%70%3C%2F%61%3E%0A

Nah... Ketika sobat blogger melakukan Escaping Script terhadap kode yang sobat blogger miliki, secara otomatis, orang lain tidak akan mampu mengedit atau memodifikasi kode tersebut. Lihat saja bentuk dari kode yang sudah di Escaped di atas, apa yang harus di rubah kalau seperi itu bentuknya? Ketika saya menjelaskan fitur Escaping Script pada salah satu teman saya, dia bertanya "Apakah dengan melakukan Escaping Script, kode yang sudah di Escaped mampu di baca oleh mesin pencari atau media browser?". Ya jelas... Kode yang sudah di Escaped akan di baca normal oleh mesin pencari atau media browser. Ini adalah tools yang digunakan untuk melakukan Escaping atau Unescaping suatu teks, kode HTML atau Kode JavaScript.

Normal Text/HTML/JavaScript   (Select all...)







Escaped Text/HTML/JavaScript   (Select all...)

Sobat blogger juga dapat menggunakan Tool Encode dan Decode yang ada di bawah ini. Tools ini tidak jauh beda dengan tool Escape Unescape yang ada di atas.


URL
Base 64
Hex

Semoga Tool Escape Unescape HTML/Text/JavaSript dan Tool Encode Decode HTML/Text JavaSript ini bermamfaat buat kita semua.
Advertisment
** Share nya Jangan Lupa Ya.. Salam,salam **

Saya hanya blogger biasa yang suka kutak-katik blogger, senang belajar dan berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan yang lain. Blog ini hasil dari source mas Septi Rosidi, semoga dapat bermanfaat untuk semua. Silahkan masukan email Anda pada kotak di bawah ini untuk mendapatkan update artikel dari semujursite.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top