Ketika blog kita sulit terindex oleh mesin pencari terbesar di dunia,yaitu Google, salah satu langkah yang bisa kita lakukan adalah dengan mengunjungi Laman Google Blog Search. Google Blog Search disediakan oleh Google buat pemilik blog yang blog-nya tidak terdaftar di hasil pencarian (Search Result) mereka. Biasanya blog yang tidak terindex adalah blog baru yang usianya kurang dari dua minggu atau blog lama tapi setting di akun blogger miliknya belum di rubah.

Untuk memastikan setting di akun blogger sobat, silahkan kunjungi blogger.com, kemudian klik Settings ---> Basic. Disanalah setting atau pengaturan untuk menentukan siapa saja yang dapat melihat blog kita. Pada kalimat Listed on Blogger. Visible to search engines. klik Edit lalu pastikan kalau pilihan pertama dan kedua adalah Yes. Kalau tidak rubah dulu ke Yes baru klik Save Changes. Kalau sudah, ikuti langkah berikut :

Cara daftar blog di Google Blog Search


  1. Kunjungi laman Google Blog Search
  2. Pada Laman Google Blog Search, terdapat sebuah kolom yang mana di kolom tersebut harus sobat isi dengan alamat blog sobat tanpa menggunakan http:// contoh : akungue.blogspot.com jangan di tulis seperti ini http://akungue.blogspot.com atau http://akungue.blogspot.com/
  3. Google Blog Search,google,blog search,ping service,ping,google ping,blog ping,submit blog,daftar blog
  4. Atau sobat blogger bisa memasukkan alamat feed blog sobat. Misalnya akungue.blogspot.com/atom.xml
  5. Kalau sobat blogger sudah meletakkan alamat blog atau feed sobat, klik tombol submit Blog
  6. Google Blog Search,google,blog search,ping service,ping,google ping,blog ping,submit blog,daftar blog
  7. Thanks for sharing your blog. We'll do our best to add it to our index as quickly as possible (Terima kasih sudah sharing blog anda, kami akan melakukan yang terbaik untuk menambahkannya ke index kami secepat mungkin). Itu adalah pesan yang muncul ketika sobat blogger sudah berhasil menambahkan blog sobat di Google Blog Serach.

Setelah sobat blogger submit blog di Google Blog Search, Google butuh waktu beberapa hari untuk mengindex blog sobat. (Kalau sobat beruntung, dalam hitungan satu jam, blog sudah terindex Google, tapi kalau lagi tidak beruntung, dalam satu minggu baru blog sobat akan terindex dengan baik oleh mesin pencari Google).

Sebenarnya, teknik di atas merupakan Ping gratis dari Google. Tapi bisa juga menjadi tempat submit blog bagi orang yang sulit terindex blog-nya oleh Google. Terima kasih sudah berkunjung di www.tutorialblogspot.com. Saran. pertanyaan atau kritik diharapkan atas postingan ini.
Advertisment
** Share nya Jangan Lupa Ya.. Salam,salam **

Saya hanya blogger biasa yang suka kutak-katik blogger, senang belajar dan berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan yang lain. Blog ini hasil dari source mas Septi Rosidi, semoga dapat bermanfaat untuk semua. Silahkan masukan email Anda pada kotak di bawah ini untuk mendapatkan update artikel dari semujursite.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top