Bagaimana cara membuat huruf besar pada awal posting? Di dalam dunia blogging, huruf besar pada awal posting lebih populer dengan sebutan Drop Cap. Untuk memasang fitur Drop Cap di blog, tidaklah sulit karena sobat blogger hanya menambahkan sebuah ramuan di template sobat. Sebuah ramuan yang di buat dengan mengunakan kode CSS (Cascading Style Sheet).

drop cap,huruf besar,drop,cap,alphabet,capital
Fitur Drop Cap pada awal posting akan membuat tulisan atau artikel blog kita memiliki Style koran atau majalah. Jadi, memasang fitur Drop Cap di dalam posting adalah satu teknik di dalam memperindah tampilan blog pada umumnya dan tampilan posting pada khususnya. Tidak sedkit pemilik blog yang memasang fitur Drop Cap di blog-nya, kalau sobat blogger ingin menjadi satu di antara mereka, ikuti saja tutorial blogspot di bawah ini!

Cara Membuat Drop Cap Di Blogger

  • Sign In di blogger.com
  • Pilih Template dan pilih tombol Costumize untuk menuju laman Blogger Template Designer.
  • Klik Advanced dan klik Add CSS
  • Copy Paste kode berikut pada kolom yang tersedia
/* kode untuk huruf awal
----------------------------------------------- */
.awal {
float:left;
color: #000000;
background:#ffffff;
line-height:80px;
padding-top:1px;
padding-right:5px;
font-family:times;
font-size:100px;
  • Klik Apply to Blog.
Fitur Drop Cap sudah terpasang di blog sobat. Sangat gampang bukan?
Kalau fitur Drop Cap sudah terpasang, tampilan Drop Cap tidak akan langsung mucul di posting blog sobat. Untuk memunculkan Drop Cap pada awal posting, sobat blogger perlu menyisipkan sedikit kode saat menulis posting. Kode yang disisipkan adalah sebagai berikut:
<span class="awal">huruf awal</span>
Ingat : Kode tersebut disisipkan saat sobat blogger menulis dalam mode EDIT HTML bukan dalam mode COMPUSE. Drop Cap tidak akan muncul kalau sobat menulis dalam mode COMPUSE.

Tambahan :
#000000 adalah warna font dari Drop Cap dan #ffffff adalah warna background, silahkan sobat blogger sesuaikan dengan warna template sobat. Untuk melihat kode warna, silahkan klik link berikut : Hex Color Code Generator
Advertisment
** Share nya Jangan Lupa Ya.. Salam,salam **

Saya hanya blogger biasa yang suka kutak-katik blogger, senang belajar dan berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan yang lain. Blog ini hasil dari source mas Septi Rosidi, semoga dapat bermanfaat untuk semua. Silahkan masukan email Anda pada kotak di bawah ini untuk mendapatkan update artikel dari semujursite.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top