Selain kuliner, Bangka juga terkenal dengan budayanya. Terutama di bidang musik, alat musik ini sangat kental sekali dengan budaya Melayu. Salah satu instrumen yang ada di daerah saya adalah Dambus. mempunyai keistimewaan dalam bantuknya. Dambus adalah semacam alat seperti gitar tetapi memiliki karakteristik yang berbeda dan suara gitar hari ini. Dambus biasanya digunakan untuk mengiringi acara tradisional, tarian, atau acara lainnya. Dambus sebenarnya juga merupakan daerah alat musik Melayu dan timur tengah menurut sejarah, tetapi dalam perkembangannya ada Dambus yang membedakannya dengan alat musik dari negara lainnya. Pertama adalah bentuk rusa dambusnya kepala berbentuk adalah Bangka maskot hewan. Lalu ada string enam, masing-masing ada 3 pasangan, 3 di atas dan 3 di bawah ini jika tidak salah.

Alat ini adalah alat musik berdawai yang memiliki enam senar gitar ganda. Di daerah asal, Dambus instrumen yang sering ditampilkan dalam pertunjukan seni atau acara tradisional seperti pernikahan.

Meskipun tidak ada jejak sejarah yang ditemukan, tapi instrumen ini diyakini turun temurun alat musik tradisional dari nenek moyang mereka.

Dambus biasanya dimainkan dengan iringan lagu dan tarian khas Melayu di Bangka Belitung diberi nama Dincak.
Advertisment
** Share nya Jangan Lupa Ya.. Salam,salam **

Saya hanya blogger biasa yang suka kutak-katik blogger, senang belajar dan berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan yang lain. Blog ini hasil dari source mas Septi Rosidi, semoga dapat bermanfaat untuk semua. Silahkan masukan email Anda pada kotak di bawah ini untuk mendapatkan update artikel dari semujursite.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top