Rusep atau Rosep adalah makanan tradisional orang Bangka. Makanan ini terbuat dari ikan teri difermentasi, kemudian disimpan dalam botol untuk diawetkan. Rusip diproduksi secara merata di setiap daerah di Kabupaten Bangka. Tetapi dengan masih dalam skala kecil bisnis (skala rumah tangga). Makanan ini sering ditemukan di toko-toko yang menjual makanan khas di Bangka, namun ada juga yang dijual langsung dari rumah ke rumah.

Rusip digunakan sebagai pengganti saus untuk salad. Dengan rasa lezat asin cocok jika dimakan dengan daun singkong muda yang telah direbus, atau sayuran lainnya dicampur dengan irisan bawang merah bersama dengan cabe sesuai dengan selera masing-masing individu. Beras biasanya dimakan sebagai teman.
Sebenarnya mudah untuk menemukan rusip, jika kita pergi ke pasar tradisional dan melihat hidangan di dalam botol berwarna abu-abu, dan ada cair irisan ikan maka tentu Rusip. Kita bisa membeli Per botol rusip Biasanya dijual seharga Rp. 3000, - menjadi Rp. 15.000, - tergantung pada kualitas dan kuantitas Rusip itu sendiri. Ikan yang digunakan untuk membuat Rusip nyata sangat beragam. Beberapa dibuat dari ikan kecil yang lembut tulang, ikan teri, tapi untuk kualitas nomor satu dari rusip biasanya terbuat dari ikan Tuna atau Makarel.

Berikut adalah Resep dari rusip jika Anda ingin membuatnya :

Bahan dan peralatan:

Bahan:
- Ikan teri segar
- Garam
- Gula aren

Peralatan:
- Cekungan
- Saoki
- Jar / botol
Rusip Proses:

a. Dibersihkan kotoran ikan bentuk segar dan dibuang kepalanya. Kemudian dicuci sampai benar-benar bersih kemudian keringkan sampai benar-benar kering.

b. Campur ikan dengan garam sambil uleni hingga benar-benar rata. Diamkan selama + 1 hari dalam wadah tertutup.

c. Masak gula merah dengan air sampai larut ke dalam air kemudian Biarkan air gula dingin.

d. Setelah + 1 hari, buka teri acar. Campurkan air gula aren dengan teri acar. Kemudian dimasukkan ke dalam wadah tertutup. Diamkan selama + 1 minggu. Jika rusip telah menghasilkan aroma khas dan rasa yang agak asam, maka rusip siap untuk dikonsumsi.
e. Rusip dapat dimakan tanpa dimasak terlebih dahulu atau dimasak terlebih dahulu sesuai selera dengan menambahkan irisan bawang merah dan cabai.

Ini seperti tidak lengkap ketika makan rusip tanpa salad. Tertarik mencoba??
Advertisment
** Share nya Jangan Lupa Ya.. Salam,salam **

Saya hanya blogger biasa yang suka kutak-katik blogger, senang belajar dan berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan yang lain. Blog ini hasil dari source mas Septi Rosidi, semoga dapat bermanfaat untuk semua. Silahkan masukan email Anda pada kotak di bawah ini untuk mendapatkan update artikel dari semujursite.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top