Syntax Highlighter adalah fitur dari beberapa teks editor untuk menampilkan teks (Terutama Source Code) dalam berbagai warna, font sesuai dengan istlah kategori. Fitur Syntax Highlighter mempermudah penggunanya di dalam menulis bahasa yang terstruktur seperti bahasa pemrograman atau bahasa markup. Ide dibalik pembuatan Syntax Highlighter adalah untuk memungkinkan penyisipan potongan kode berwarna pada halaman web tanpa bergantung pada sisi script server. Syntax Highlighter menggunakan bahasa reguler untuk melakukan parse terhadap text.

SyntaxHighlighter

Untuk menambah referensi sobat blogger tentang Syntax Highlighter, saya pun memetik beberapa kalimat dari Code Google tentang Syntax Highlighter. Berikut petikannya : SyntaxHighlighter will help a developer/coder to post code snippets online with ease and have it look pretty. It's 100% Java Script based and it doesn't care what you have on your server. Artinya, Syntax Highlighter akan membantu pengembang / programmer untuk mengirim potongan kode secara online dengan mudah dan tampilan cantik. Syntax Highlighter 100% menggunakan JavaScript dan tidak peduli apa yang Anda miliki pada server Anda.

SyntaxHighlighter Fitur :
  1. Mendukung beberapa format bahasa
  2. Support terhadap semua media browser seperti : Google Chrome, Mozilla FireFox, Internet Explorer, Opera dan lainnya.
  3. Mudah untuk digunakan dan dikembangkan.
  4. 100% untuk pengguna tanpa adanya campur tangan server
  5. Sangat ringan
Support Bahasa SyntaxHighlighter :
Language Aliases
C++ cpp, c, c++
C# c#, c-sharp, csharp
CSS Css
Delphi delphi, pascal
Java Java
Java Script js, jscript, javascript
PHP Php
Python py, python
Ruby rb, ruby, rails, ror
Sql Sql
VB vb, vb.net
XML/HTML xml, html, xhtml, xslt

Apakah sobat blogger sudah tau yang mana yang di sebut dengan syntax Highlighter? Kalau tidak, perhatikan gambar di bawah ini. Berikut ini adalah contoh kode yang ditempatkan di dalam Syntax Highlighter dan yang tidak ditempatkan di dalam Syntax Highlighter :

Tanpa Syntax Highlighter
SyntaxHighlighter, no SyntaxHighlighter

Menggunakan Syntax Highlighter
Syntax Highlighter,SyntaxHighlighter

Saya yakin, dengan adanya gambar di atas, sobat blogger sudah tau yang mana yang disebut dengan Syntax Highlighter. Insyaallah untuk kedepannya, saya akan memberikan tutorial blog tentang cara memasang Syntax Highlighter di blogger.com
Advertisment
** Share nya Jangan Lupa Ya.. Salam,salam **

Saya hanya blogger biasa yang suka kutak-katik blogger, senang belajar dan berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan yang lain. Blog ini hasil dari source mas Septi Rosidi, semoga dapat bermanfaat untuk semua. Silahkan masukan email Anda pada kotak di bawah ini untuk mendapatkan update artikel dari semujursite.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top